Minggu, 17 April 2011

cara kerja vespa


Skuter Vespa telah banyak hal untuk banyak orang. Untuk pasca-perang Italia, itu merupakan suatu kebangkitan ekonomi untuk keluarga industri berjuang. Untuk remaja Inggris awal 1960-an, hal ini merupakan aspek penting dari tren budaya dan fashion. Bagi orang-orang di negara-negara berkembang, Vespas dapat menjadi sarana yang penting dan terjangkau transportasi. Dan untuk beberapa, Vespas hanya merupakan nostalgia menyenangkan.
Sepeda Motor Image Gallery


Sebuah 1998 Vespa ET4 125cc.
Pada artikel ini, kita akan melihat apa Vespas, bagaimana mereka dibuat, sejarah di balik skuter dan gaya Vespa yang telah membuatnya menjadi begitu populer.


Mengapa Scooters?
Skuter dua kendaraan roda diaktifkan oleh mesin kecil. Meskipun mirip dalam konsep untuk sepeda motor , memiliki beberapa perbedaan penting. Roda skuter yang diikat ke ujung sumbu pendek, bukannya terpasang antara "garpu" dalam frame. The engine biasanya tersembunyi dalam penutup mesin dr baja dari beberapa jenis, membuat mereka lebih tenang dan kurang kemungkinan untuk mendapatkan minyak atau lemak pada pakaian pengendara. Skuter umumnya memiliki kurang tenaga kuda dari sepeda motor. Efek keseluruhan adalah lebih "beradab" kendaraan dimaksudkan untuk penggunaan sehari-hari praktis. Saat ini, skuter dapat didefinisikan sebagai kendaraan roda dua yang dibangun pada bingkai monocoque dengan 250 sentimeter kubik (cc) mesin atau lebih kecil. Ada skuter dengan mesin yang lebih besar, tetapi mereka pada dasarnya merupakan sebuah subclass kendaraan di antara skuter dan sepeda motor. Banyak yurisdiksi hukum menganggap mereka sepeda motor.

Orang memilih untuk berkendara skuter untuk beberapa alasan, tidak sedikit dari mereka adalah gas mileage luar biasa skuter dapat menyediakan. Kebanyakan model yang lebih baik dapat mencapai mil per galon (mpg) peringkat dari semua mobil, tapi yang paling ramah lingkungan mobil hybrid berada di kisaran 60-70 mpg - sama dengan Vespa.
Skuter juga nyaman. Menjelajahi lalu lintas kota dan jalan-jalan perkotaan ketat adalah jauh lebih mudah pada skuter daripada di sebuah SUV, dan parkir tidak ada masalah. Bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan, skuter adalah sebuah cara untuk membuat perjalanan yang relatif singkat. Mereka lebih mudah untuk naik dari sepeda motor, dan panel bodi memastikan bahwa pakaian yang tidak mungkin disiram dengan kotoran lumpur dan jalan.

Panel depan Vespa.
skuter adalah jauh lebih mudah pada dompet dari mobil, juga. Sebuah skuter merek baru dapat sebagai sedikit sebagai $ 800, dengan skuter yang tersedia untuk kurang dari $ 2.000. Tentu saja, sebuah skuter Vespa dengan nama legendaris di atasnya sering datang pada premium (harga berkisar antara $ 2.000 sampai lebih dari $ 6.000), dan skuter vintage pergi untuk harga kolektor, kadang-kadang mengambil ribuan dolar.

Sebuah pabrik Vespa menjual banyak variasi dan warna.
Untuk beberapa penggemar skuter, itu soal gaya. Bentuk sebuah Vespa membangkitkan perasaan menyenangkan retro bahwa banyak pengendara menikmati saat mereka pesiar di sekitar kota. Siapapun yang menganggap diri mereka seorang Mod (yang akan kita jelaskan nanti) tidak bisa melakukan tanpa Vespa.

vespa GTS 300






Vespa selalu memiliki tempat khusus dihati pecintanya. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya klub skuter diberbagai belahan dunia tidak terkecuali Indonesia.

Vespa dengan tampilan klasiknya begitu diminati, namun tidak hanya itu pesona Vespa begitu kuat pada performa mesinnya.

Kini untuk melengkapi line up produk Vespa di tahun 2010 ini, Piaggio melansir Vespa GTS 300 Super. Dengan tenaga lebih besar dari model sejenis sebelumnya dan desain klasik modern yang mempesona, skuter produsen asal Italia ini akan menjadi primadona dikelasnya.

Vespa GTS 300 Super memiliki postur mungil yang memungkinkan untuk bergerak lebih cepat dan lincah saat bermanuver. Desain jok yang memiliki dimensi lebih besar dibagian depan akan membuat pengendara semakin betah duduk berlama-lama diatas "si bohay".

Desain klasik yang merupakan ciri khas Vespa tetap dipertahankan. Hal ini dapat dilihat dari lampu bulat yang dipadu spion bulat dan bodi belakang yang "gemuk". GTS 300 Super semakin gaya dengan lis bodi beraksen krom.

Vespa GTS 300 Super semakin asyik digeber karena memiliki kapasitas dapur pacu lebih besar dari tipe sebelumnya. GTS 300 Super menggendong mesin Single cylinder Liquid cooled 4-stroke dengan kapasitas 278cc. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum 22 hp dan torsi 16,5 lb-ft. Vespa GTS 300 Super juga dilengkapi dengan pendingin, elektronik injeksion sehingga mampu mencapai kecepatan 80 mil perjam.

Demi nunjang kenyamanan lebih Piaggio mempersenjatai kaki-kaki GTS 300 Super dengan sistem suspensi dan pengereman mumpuni. GTS 300 Super menggunakan single arm dengan dual chamber hydraulic shock di depan shock adjustable pada suspensi belakang. Sementara untuk urusan rem GTS 300 Super mengadopsi cakram tunggal 220mm dengan piston kaliper ganda dibagian depan dan belakang. GTS 300 Super semakin nyaman dikendarai dengan pelek ring 12 inci yang dibalut ban ukuran 120/70 di depan dan 130/70 dibelakang.

Specifications :

Max power at shaft: 15.8kw (22bhp) at 7500rpm

Max torque: 22.3Nm of torque at 5000rpm

Engine Type: Single cylinder Liquid cooled 4-stroke

Cylinder Capacity: 278 cc

Seat height: 790 mm

Dry weight: 148.0 kg

Fuel tank capacity:9.2 litres

Starting: Electric

Transmission: Automatic Transmission (CVT)

Cooling: Water cooled

Bore: X stroke

Compression ratio

Chassis: Load-bearing steel chassis with welded structural supports

Front suspension: Single arm with dual-acting hydraulic shock absorber and co-axial spring

Rear suspension: Twin dual action shock absorbers with adjustable preload

Front brake: Single disc 220 mm, Dual Piston Caliper

Rear brake: Single disc 220 mm, Dual Piston Caliper

Front wheel/tyre: 120/70-12

Rear wheel/tyre: 130/70-12. (ar/abt/sm) www.suaramedia.com

BIAR ACCU GA TEKOR


Banyak keluhan yang masuk mengenai pemasangan lampu di vespa. Setelah pasang lampu accu sering soak, untuk menyiasatinya kita pasang komponen untuk mengurai arus accu dengan teratur. trik ini untuk vespa yang dilengkapi kelistrikan 12V. Jadi perlu diukur dahulu bahwa hasil output dari sepul harus 12 V.

Komponen yang harus disediakan adalah :
  • Kiprok 6 volt (2 kaki)
  • Accu 24 ampere
  • 2 buah elco ukuran 10.000mf (micro farad)
  • 3 utas kabel dengan warna berbeda biar gampang sediakan warna merah, hijau dan hitam masing2 sepanjang 1M
  • Fuse dengan ampere yang disesuaikan kepada beban
  • Beban seperti lampu, speaker, tape, dll.

Dari daftar diatas elco jadi jantung pengatur arus, artinya tempat persinggahan arus yang disuplay magnet dan lilitan spul, jika accu kedodoran elco akan serentak mengirim arus tambahan begitu seterusnya.

Cara merangkainya kutub positif (+) masing2 Elco disambung artinya menggabungkan elco jadi satu, masih dalam rangkaian positif disambungkan dengan kabel merah ke kaki kiprok positif dan disambung lagi ke kaki positif accu sedangkan kaki negatif (-) ke dua elco disambungkan dengan kabel hitam ke massa dan kaki negatif (-) kiprok dihubungkan ke spul, biar lebih gampang kita liat digramnya aja dijamin untung deh, maksudnya ga tekor lagi tuh accu...



MERAWAT ACCU
Accu untuk jaman sekarang menjadi benda vital untuk kendaraan bermotor, termasuk vespa. Accu perlu perawatan sebab setiap kali mesin dihidupkan, maka accu akan tersisi arus listrik.
Ketika arus listrik masuk ke accu, maka elemen dalam accu akan bereaksi. Reaksi dari accu inilah yang mengakibatkan (1) suhu air accu memanas lalu menguap, (2) kepala accu khususnya yang positif (+) akan ada penggumpalan dan biasanya menyebabkan karat.
Karena itu kontrol dan isi terus air accu, paling tidak sebulan sekali. Demikian juga kepala accu harus sering dibersihkan dengan kuas yang telah dibasahi pakai air panas.

Accu Basah
Jika dirawat rutin accu awet dan terus bisa dipergunakan. Dan jangan dilupakan, jika scooter kita lamaa……. tidak dipakai lebih baik accu-nya dilepaskan aja. tuang / keluarkan air accu lalu simpan dalam kondisi kering dan terbalik. Maksudnya supaya lubang accu ada dibawah. Ketika hendak dipakai, lakukan pengisian air zuur dan air accu, seperti accu baru.
Perawatan tersebut diatas hanya untuk accu cair, sementara untuk accu kering tidak berlaku. Bagaimana untuk perawatan accu kering ? 

Accu Kering
Accu kering tidak perlu perawatan pemeriksaan air accu, tetapi karena dia tidak berair maka bebas perawatan. Hanya saja perlu diingat, accu kering punya musuh, yakni kepala accu tersiram air (pala + utamanya). Jika pala + tersiram air biasanya listrik yang dihasilkan tidak maksimal. Musuh kedua accu adalah terjadinya hubungan pendek antara sumbu +  dengan sumbu -. karena itu biasanya jika kita memakai accu kering, semua kepala accu ditutup lapisan plastik.
  

Cara Pasang Relay untuk Klakson/ Lampu Tambahan (revised)


Catatan Revisi:
Berhubung banyak yang mempermasalahkan penggunaan kaki relay no.30 & 87, maka diagram di bawah sudah di revisi, kaki no.30 ke accu, kaki 87 ke klakson/lampu. Thanks buat semua masukannya yang sangat membangun. Indahnya saling koreksi.

Banyak diantara kita yang kurang puas dengan suara klakson bawaan motor/mobil yang kurang keras/lantang, atau juga lampu standar yang kurang terang atau berdaya kecil.
Di toko partshop atau asesoris otomotif, banyak dijual klakson aftermarket yang suaranya bagus seperti Fiam, Hella, bosch, PIAA, Wolo, Hadley, fer, dsb.
Klakson tersebut membutuhkan daya yang cukup besar, sayangnya kabel yang terpasang pada klakson standar bawaan motor/mobil tidak dapat mengakomodasi kebutuhan daya tersebut.
Malah bisa jadi saklar klakson tersebut akan cepat rusak karena setiap kali ditekan, akan mengeluarkan percik api pada metal contact didalamnya yang lama kelamaan akan aus, bahkan plastik case nya akan meleleh.
Begitu juga dengan pemasangan lampu yang berdaya lebih besar, akan berkasus sama dengan kasus di atas.
Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kita membutuhkan bantuan komponen tambahan yaitu relay.
Relay adalah suatu komponen yang digunakan sebagai saklar penghubung/pemutus untuk arus beban yang cukup besar, dikontrol oleh sinyal listrik dengan arus yang kecil.
Dengan menggunakan relay, kabel yang menuju saklar tidak perlu kabel yang tebal, sebab arus yang terhubung ke saklar sangatlah kecil.

 

Banyak relay yang beredar di partshop, ada berbagai merek seperti Hella, Bosch, Omron, dsb, … dan banyak pula yang dipalsu.
Saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan relay bermerek BOSCH yang asli, begitu juga dengan socket relaynya.
Berikut komponen yang diperlukan untuk project ini..
- Socket Relay merek Bosch + terminal konektornya
- Relay Bosch 4 kaki tipe “0 332 019 453”
- Fuse Box (kotak sikring) + terminal konektornya
- Fuse / Sikring yang disesuaikan dengan beban arusnya .. misalnya 10 Ampere.
- Kabel tebal serabut diameter 5mm
- Terminal Ring 10mm.


 
Cara Pasang..
Ada 2 macam sistem pelistrikan untuk Klakson atau Lampu, yaitu yang dikontrol oleh tegangan positif dan tegangan negatif.
Biasanya sistem yang dikontrol oleh tegangan Negatif menggunakan 2 kabel. Dimana satu kabel untuk ke positif dan satu lagi ke saklar pengontrol.
Sistem yang dikontrol oleh tegangan Positif, biasanya menggunakan 1 kabel saja dari saklar pengontrol. Kabel satunya lagi mengambil negatif dari ground atau body.

NEGATIVE SYSTEM:

 
Gambar rangkaian klakson dengan sistem Negative (kiri). Instalasinya (kanan)

Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu).
Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang).
Kaki Relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A)
Kaki Relay nomor 86 menuju salah satu Kabel klakson (B)
Pemasangan kabel dari kaki 85 dan 86 boleh terbolak balik polaritasnya.
Dikarenakan adanya perbedaan lokasi kaki relay pada beberapa merek relay yang ada, harap perhatikan NOMOR kakinya, sebelum memasang!

——————————-
POSITIVE SYSTEM:
Gambar di bawah memperlihatkan kabel standar yang menuju klakson dipotong.
Untuk bagian yang atas kita beri kode A, dan bagian yang menuju klakson kita beri kode B.

 














Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu).
Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang).
Kaki Relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A)
Kaki Relay nomor 86 dihubungkan ke body mobil/motor (negatif/ground).
Dikarenakan adanya perbedaan lokasi kaki relay pada beberapa merek relay yang ada, harap perhatikan NOMOR kakinya, sebelum memasang!

Nah.. semoga penjelasan di atas bisa mudah dimengerti, dan rekan-rekan bisa pasang sendiri klakson barunya.
Rangkaian di atas sama penerapannya untuk pemasangan lampu tambahan atau merubah lampu ke daya yang lebih besar.
Manfaat yang didapat dengan menggunakan rangkaian relay ini adalah:
- klakson akan bersuara lebih keras/lantang atau lampu akan menyala lebih terang.
- saklar klakson / lampu akan lebih awet.
Semoga membantu.

Memasang Accu di Vespa Lama


Filed under: Vespa
Vespa keluaran baru, generasi PX keatas, rata-rata telah disertai Accu. Dengan Accu yang telah terpasang memungkinkan Vespa generasi belakangan, untuk lampu sein - klakson tidak lagi memakai listrik dari mesin. Karenanya listrik yang dikeluarkan mesin menjadi stabil hanya untuk Coil/Busi dan lampu belakang dan lampu depan.
Sejalan dengan perkembangan fungsi kendaraan vespa, yang tidak hanya untuk keperluan hari-hari, maka tuntutan vespa generasi lama mempergunakan Accu sebagai penyimpan listrik juga banyak dikenakan. Pertanyaannya (1). Apakah Vespa keluaran lama juga bisa dipasang Accu ? Jawabannya tentu saja pasti bisa. (2), Bagaimana cara memasangnya, (3). Seberapa besar pemanfaatan Accu tersebut untuk mendukung kenyamanan berkendara dengan Vespa.
Hal yang perlu disediakan sebelum memasang Accu
  1. Accu 12 Volt 10 Ampere (standard PX Ekslusive /  Excel)  merk apa saja, bisa GS, King, Yuasa, NS dll. yang beredar di pasar umumnya merk Yuasa dan GS.
  2. Regulator empat (4) kaki. Merk regulator ini banyak di pasaran, yang standar vespa merk Ducati. Jika tidak mendapati merk itu bisa juga merk lain.  Kisaran harga yang beredar di pasaran antara 25.000  s/d 125.000.  Saran yang hendakmembeli, jangan mempergunakan yang berharga di bawah Rp 50.000 (tahun 2006/2007) sebab biasanya kualitasnya rendah.
  3. Dudukkan Accu + karet pengikatnya
  4. Dudukan Saklar accu (sudah siap pakai, tinggal beli di toko)
  5. Jika diperlukan Elco 4000 micro farad. Elco yang bagus buatan Meksiko.
Setelah Accu dan regulator tersedia bagaimana memasangkannya (menginstalasi) di Vespa kita.
  1. Sebelum memasang  Regulator ada hal yang perlu diperhatikan tentang mengenal listrik yang dihasilkan dari dapur mesin (Spul).  Listrik yang dihasilkan Spul antara vespa generasi satu dengan yang lain umumnya sama, biasanya ada 3-4 kabel, yakni  untuk Lampu depan (warna kuning), Coil/Busi (warna hijau), body/massa (warna hitam)  dan satu lagi (merah muda/biru)  untuk lampu belakang. Untuk generasi sprint ke bawah untuk lampu depan dan belakang digabung jadi satu.
  2. Ketika mau memasang Regulator, jangan lupa mengangkat tangki. ini diperlukan agar kita mengenali alur listriknya. Selain itu akan sedikit merubah kabel per-listrikan yang ada di bawah tangki dan akan mengebor untuk tempat dudukan accu.
Setelah mengenali listrik dan warna-warna  kabelnya, selanjutnya kita memasang accu dan regulator, langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Buka boks bodi samping kiri 
  2. Angkat tangki bensin.
  3. Setelah bok kiri dicopot, Bor untuk dudukan accu. Pasang dudukan tersebut sesuai selera kita, artinya mau sebelah kanan atau kiri kunci boks. Jangan terlalu tengah pas kunci boks.
  4. Bor juga untuk dudukan regulator. Usahakan berdampingan dengan accu. Jika accu sebelah kanan, maka regulator sebelah kiri, atau sebaliknya
  5. Pasang Accu di dudukannya. posisi - accu tempelkan ke bodi vespa. kabel saklar accu pasang di + nya accu dan sambungkan ke regulator.
  6. Pasang Regulator di yang ada kaki/socketnya  menghadap ke bawah.
  7. Potong kabel bodi warna kuning dari dari arah spul (dibawah tangki ada sambungan) dan sambungkan ke kaki regulator posisi ke-2 dari kiri. Dan sambungkan setrum dari kaki ke-1 regulator ke kabel bodi sambungan yg tadi dipotong ( ke lampu depan)
  8. Sambungkan kabel + accu yang telah memakai saklar ke kaki ke-3 regulator
  9. Sambungkan kabel dari kaki ke-4 regulator (ujung paling kanan) ke body/massa
Kini accu dan Regulator telah terpasang dan siap dipakai. Jangan lupa jaringan listrik accu jangan digabung sama jaringan setrum mesin. Mesti terpisah.
Jika kita ingin mengoptimalkan accu, misalnya untuk keperluan tape, TV, lampu hias depan, klakson mobil, dll.  maka pakailah accu yang ampere-nya lebih besar. misal yang 20 atau 26 ampere (accu jetski)
Jika pengisian ingin lebih optimal, pakailah Elco yang mempunyai kapasitas minimal 400 mf 2 buah. Cara pasangnya paralel-kan + dan - Elco. yang - sambungkan ke body/massa dan yang + sambungkan ke + accu ( gabung dengan yang keluar dari regulator
Selamat Mencoba