Minggu, 17 April 2011

BIAR ACCU GA TEKOR


Banyak keluhan yang masuk mengenai pemasangan lampu di vespa. Setelah pasang lampu accu sering soak, untuk menyiasatinya kita pasang komponen untuk mengurai arus accu dengan teratur. trik ini untuk vespa yang dilengkapi kelistrikan 12V. Jadi perlu diukur dahulu bahwa hasil output dari sepul harus 12 V.

Komponen yang harus disediakan adalah :
  • Kiprok 6 volt (2 kaki)
  • Accu 24 ampere
  • 2 buah elco ukuran 10.000mf (micro farad)
  • 3 utas kabel dengan warna berbeda biar gampang sediakan warna merah, hijau dan hitam masing2 sepanjang 1M
  • Fuse dengan ampere yang disesuaikan kepada beban
  • Beban seperti lampu, speaker, tape, dll.

Dari daftar diatas elco jadi jantung pengatur arus, artinya tempat persinggahan arus yang disuplay magnet dan lilitan spul, jika accu kedodoran elco akan serentak mengirim arus tambahan begitu seterusnya.

Cara merangkainya kutub positif (+) masing2 Elco disambung artinya menggabungkan elco jadi satu, masih dalam rangkaian positif disambungkan dengan kabel merah ke kaki kiprok positif dan disambung lagi ke kaki positif accu sedangkan kaki negatif (-) ke dua elco disambungkan dengan kabel hitam ke massa dan kaki negatif (-) kiprok dihubungkan ke spul, biar lebih gampang kita liat digramnya aja dijamin untung deh, maksudnya ga tekor lagi tuh accu...



MERAWAT ACCU
Accu untuk jaman sekarang menjadi benda vital untuk kendaraan bermotor, termasuk vespa. Accu perlu perawatan sebab setiap kali mesin dihidupkan, maka accu akan tersisi arus listrik.
Ketika arus listrik masuk ke accu, maka elemen dalam accu akan bereaksi. Reaksi dari accu inilah yang mengakibatkan (1) suhu air accu memanas lalu menguap, (2) kepala accu khususnya yang positif (+) akan ada penggumpalan dan biasanya menyebabkan karat.
Karena itu kontrol dan isi terus air accu, paling tidak sebulan sekali. Demikian juga kepala accu harus sering dibersihkan dengan kuas yang telah dibasahi pakai air panas.

Accu Basah
Jika dirawat rutin accu awet dan terus bisa dipergunakan. Dan jangan dilupakan, jika scooter kita lamaa……. tidak dipakai lebih baik accu-nya dilepaskan aja. tuang / keluarkan air accu lalu simpan dalam kondisi kering dan terbalik. Maksudnya supaya lubang accu ada dibawah. Ketika hendak dipakai, lakukan pengisian air zuur dan air accu, seperti accu baru.
Perawatan tersebut diatas hanya untuk accu cair, sementara untuk accu kering tidak berlaku. Bagaimana untuk perawatan accu kering ? 

Accu Kering
Accu kering tidak perlu perawatan pemeriksaan air accu, tetapi karena dia tidak berair maka bebas perawatan. Hanya saja perlu diingat, accu kering punya musuh, yakni kepala accu tersiram air (pala + utamanya). Jika pala + tersiram air biasanya listrik yang dihasilkan tidak maksimal. Musuh kedua accu adalah terjadinya hubungan pendek antara sumbu +  dengan sumbu -. karena itu biasanya jika kita memakai accu kering, semua kepala accu ditutup lapisan plastik.
  

2 komentar:

  1. Bro,,accunya beneran 24 ampere, emg muat di dudukan accu vespa? Vespa data exclusive 96.

    BalasHapus
  2. Boz, saya mau nanya masalah kelistrikan lampu banyak vespa mods. Vespa saya super udah cdi dan pke aki GS Premium 12N 10-3B dan pke kiprok excel pasang 10 lampu depan dan 1 dinamo klakson dgn 5 terompet plus relay. Awalnya skitar sebulanan normal tp skrg2 ini kenapa akinya jd tekor ya ? Apa harus ganti kiprok jg ? Kira2 kiprok apa yg sesuai & cocok ? Tolong d bantu jawab & terima kasih.

    BalasHapus