Sabtu, 08 Oktober 2011

TELEMATIKA

TELEMATIKA
Asal usul kata telematika berasal dari bahasa prancis " TELEMATIQUE" yang pertama kali memperkenalkan oleh  penulis buku Simon Nora dan Alain Minc pada tahun 1978 yang berjudul “L’informatisation de la Societe” , telematika mengandung arti pertemuan antara teknologi informasi yang digunakan untuk kebutuhan jaringan komunikasi mengingat kebutuhan manusia akan sarana informasi yang sudah menglobal yang dapat menghubungkan manusia disatu negara dengan manusia dinegara-negara dibelahan dunia lain pada umumnya teknologi yang digunakan melalui perangkat canggih satelit. dalam telematika meliputi banyak hal:
-video conference, Layanan video conference  
-Aplikasi Berbasis Web (berteknologi internet) 
-Aplikasi Keselamatan dan Keamanan misalnya: SOS, Kontrol Jarak Jauh, Tracking Otomatis
-Aplikasi navigasi : informasi Trafiki, Cuaca, GPS
-Aplikasi komunikasi : Handfree, SMS dan MMS, Video Call
-Hiburan : Musik, Video, Game
-Bidang kesehatan misalnya: Respon Kecelakaan, Rekam Medis, Manajemen Sumber Daya, konsultasi Jarak jauh
-Bidang pendidikan : E-Learning, Informasi Akademik, Pendaftaran Online,
- Infrastruktur komunikasi untuk mendukung teknologi telematika antara lain adalah jaringan seluler (HP), jaringan Satelit, jaringan Siaran Radio/TV
-Bidang pemerintahan : Layanan Kependudukan, Catatan Sipil, SIM
Seperti yang saat ini tengah dikembangkan di indonesia pembuataan kartu tanda penduduk elektronik .
Teori / konsep Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika cara berkomunikasi melalui media komunikasi seperti komputer, handphone,radio,televisi.
Contoh telematika
Istilah '''telematika''' sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah: Integrasi antara sistem (telekomunikasi) dan (informatika) yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau (ICT) (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi, sebagai contoh telematika digunakan dalam e-commerce , e-learning, e-business.
Perkembangan  Telematika
Secara umum, istilah '''telematika''' dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
Secara lebih spesifik, istilah '''telematika''' dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

referensi: wikipedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar